INNOVATION IN CLEAN WATER AND SANITATION

Mencari Wirausahawan Sosial Muda Dalam Bidang Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi

Perubahan iklim secara global adalah salah satu tantangan utama yang dihadapi di abad ke 21 ini. Isu ini semakin mnghawatirkan dari tahun ke tahun sehingga menjadi perhatian banyak kalangan dari mulai politisi, praktisi pendidikan, aktivis lingkungan dan masyarakat. Selain pemanasan global yang sudah menjadi dampak dari perubahan iklim, ketersediaan air bersih dan sanitasi juga menjadi bagian yang terdampak oleh perubahan iklim secara langsung.

Ekosistem air bersih di Indonesia seperti danau dan sungai berada dalam kondisi yang sangat kritis, pencemaran lingkungan oleh polusi telah mengakibatkan berturunnya kualitas air bersih di banyak tempat termasuk di danau, sungai dan sumber air bawah tanah. Kualitas air bersih dari hari kehari semakin berkurang, khususnya di daerah-daerah perkotaan sumbersumber air bersih telah banyak terkontaminasi oleh polusi.

Dalam 30 tahun ke depan situasi ketersediaan air bersih akan berada dalam kondisi yang menghawatirkan bila tidak diperhatikan system pengelolaan dan penggunaannya. Konsumsi air secara global akan meningkat dua kali lipat bila dibandingkan dengan pertumbuhan penduduk seluruh dunia, situasi ini di ikuti juga dengan pertumbuhan di bidang agrikultur, peternakan dan idustrialisasi dimana kebutuhan akan air akan sangat besar. Kondisi yang paling berbahaya dari situasi ini adalah adanya fakta bahwa saat ini banyak masyarakat mulai kehilangan sarana dan sumber air bersih untuk minum. Saat ini kondisi air yang tidak bersih, sanitasi yang tidak baik dan tingkat kebersihan pribadi yang rendah menjadi penyumbang munculnya berbagai penyakit di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Oleh karena itu, ASHOKA Indonesia bekerja sama dengan Indonesia Businnes Link (IBL) mengadakan sebuah kompetisi yang ditujukan untuk mencari wirausahawan muda dalam bidang penyediaan air bersih dan sanitasi (Water and Sanitation). Kompetisi ini akan memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk lebih berperan aktif membuat inisiatif sosial terkait penyediaan air bersih dan sanitasi di masyarakat sebagai salah satu strategi untuk membantu pengendalian perubahan iklim.

Lebih lengkapnya buka di http://www.ashoka.or.id/youngchangemakers.php

%d blogger menyukai ini: